top of page

5 Alasan Pentingnya Menanam Pohon untuk Masa Depan

Seringkali kita mendengar banyak berita hutan ditebang hingga gundul, tanah lapang diganti dengan bangunan megah sehingga tanaman dan pohon-pohon pun tersingkirkan. Padahal ada banyak alasan pentingnya menanam pohon untuk masa depan, bukan justru ditebang terus-terusan. Namun sayangnya tidak banyak orang yang memahami akan hal ini, sehingga mereka dengan bebas menebang pohon tanpa memikirkan dampak y

ang akan datang.


Jika pepohonan di tebang terus-menerus dan hutan diganti dengan bangunan megah, maka akan banyak bencana alam yang datang seperti banjir, tanah longsor, polusi udara, udara semakin panas dan lainnya. Mungkin tujuan menanam pohon saat ini tidak bisa dirasakan secara langsung, namun hal ini akan berdampak pada masa depan. Dimulai dari diri sendiri lalu mengajak orang lain untuk menanam pohon, agar lingkungan kembali hijau dan indah.


5 Alasan Pentingnya Menanam Pohon untuk Masa Depan

Ketika berada di lingkungan yang banyak pepohonan, pasti Anda akan merasa sejuk nyaman dan enak dipandang bukan? Berbeda dengan lingkungan yang tidak ada pepohonan, dimana suasananya akan gersang dan panas. Bukan hanya itu, ada beberapa alasan lainnya mengenai pentingnya menanam pohon untuk masa depan, 5 di antaranya sebagai berikut:


1. Dapat Mengendalikan Suhu serta Kelembaban

Pentingnya menanam pohon untuk masa depan yang pertama yaitu bisa mengendalikan suhu serta kelembaban. Hal ini juga mungkin telah Anda rasakan, di mana suhu yang berada di perkotaan lebih gersang dan panas dibandingkan dengan pedesaan yang masih asri serta memiliki banyak pepohonan. Makanya tidak heran jika banyak orang senang di pedesaan untuk merilekskan diri.


2. Sebagai Rumah untuk Berbagai Macam Satwa

Manfaat menanam pohon bukan hanya dirasakan oleh manusia, tetapi juga berbagai macam satwa. Dimana pohon-pohon tersebut menjadi rumah sekaligus tempat mencari makan. Bahkan, satu batang pohon bisa menjadi rumah bagi ratusan makhluk hidup, seperti serangga, burung, reptil, jamur serta berbagai tumbuhan lainnya. Tanpa disadari, dengan menanam pohon, Anda telah menjaga populasi makhluk hidup dan ekosistem alam.


3. Menambah Cadangan Air Tanah

Pasalnya pohon dapat menyimpan air di dalam tanah supaya tidak cepat menguap, alhasil cadangan air dalam tanah dapat terjaga. Bukan hanya itu, biasanya pohon hanya perlu 15 galon air setiap minggunya, namun dapat menghasilkan 200 sampai 450 galon air setiap harinya. Hal ini membantu manusia untuk mencegah kekeringan di musim kemarau.


4. Mengurangi atau Mencegah Bencana Alam

Ada beberapa bencana alam yang disebabkan karena ulah manusia menghilangkan pepohonan atau menggunduli hutan, seperti banjir, tanah longsor, polusi air dan lainnya. Pasalnya dengan menanam pohon, air tidak akan tercemar, mengingat pohon tersebut akan menyerap ke dalam tanah lalu disaring ke laut tanpa mencemari laut. Pohon juga dapat mencegah banjir karena bisa menampung air yang berlebih .


Pentingnya menanam pohon untuk masa depan yaitu dapat menjaga alam agar tetap asri, aman dan jauh dari bencana. Sehingga anak cucu kita bisa merasakan hidup dengan nyaman.


5. Bisa Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Dengan menanam pohon atau mengembalikan hutan, maka akan banyak lapangan pekerjaan yang tercipta di masa depan khususnya di bagian sektor kehutanan. Karena pohon-pohon tersebut bisa dimanfaatkan dan berpeluang menghasilkan keuntungan, misalnya dengan menjual bahan baku furniture, membuat kerajinan tangan, menjual bahan makanan dari pohon, dan lain sebagainya.


Itulah 5 alasan pentingnya menanam pohon untuk masa depan. Sudah saatnya kita menjaga lingkungan agar tetap asri dan nyaman.

Comments


bottom of page