top of page

Pentingnya Menggunakan Pupuk Organik pada Tanaman Agar Tumbuh Subur


Aktivitas berkebun bukan hanya soal menanam dan menyiraminya saja, tapi jangan lupa juga untuk merawatnya dengan memberinya pupuk organik. Pentingnya menggunakan pupuk organik pada tanaman seharusnya selalu ditanamkan. Karena tidak sedikit petani yang lebih memilih menggunakan pupuk anorganik untuk kesuburan tanamannya.


Pupuk organik adalah pupuk yang dibuat dari bahan-bahan alami seperti kotoran ternak, sisa makanan, sampah dan lain-lainnya. Pembuatan pupuk organik bisa dengan cara manual atau alamiah. Berbeda dengan pupuk anorganik yang terbuat dari bahan-bahan kimia, lebih berpotensi memberikan efek buruk bagi lingkungan.


Sama halnya dengan manusia, tumbuhan pun membutuhkan nutrisi agar dapat tumbuh lebih subur dan sehat. Manfaat pupuk bagi tanaman memang sangat penting untuk kesuburan tanah dan tanaman itu sendiri. Sayangnya banyak penanam yang beranggapan bahwa pupuk anorganik akan membawakan hasil yang lebih baik dibandingkan organik.


Padahal manfaat penggunaan pupuk organik untuk kesuburan tanah sangatlah berpengaruh dibandingkan pupuk kimia. Selain aman dan bisa didapatkan dengan mudah, kegunaan pupuk organik juga dapat membantu tanaman untuk tumbuh di berbagai kondisi dan cuaca.


Pentingnya Menggunakan Pupuk Organik pada Tanaman

Banyak petani yang lebih memilih bahan kimia dikarenakan hasilnya cepat dan praktis. Namun mereka tidak memikirkan dampak yang akan diakibatkan dari bahan kimia tersebut. Tidak hanya buruk bagi tumbuhan tapi juga tidak baik bagi lingkungan. Berikut Pentingnya menggunakan pupuk organik pada tanaman.


1. Hasil Produksi Lebih Tinggi

Pupuk organik adalah pupuk yang paling banyak mengandung mikroorganisme dekomposer seperti cacing dan mikroorganisme lain. Nah mikroorganisme inilah yang akan melembabkan tanah sehingga mampu menciptakan suhu yang ideal bagi tumbuhan dan biota tanah.


Hal ini jugalah yang akan menghasilkan beragam nutrisi penting bagi tanaman seperti kandungan nitrogen, fosfor serta kalsium. Dengan begitu tumbuhan lebih berpotensi menghasilkan produksi yang lebih tinggi. Beda halnya dengan pupuk kimia yang hanya akan mengganggu kemampuan tanaman untuk menyerap nutrisi.


2. Penyerapan Air Lebih Mudah

Air adalah hal yang sangat penting bagi tumbuhan, tanpa air tumbuhan tidak akan mengalami pertumbuhan dan akhirnya mengalami kematian. Nah salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan retensi air yaitu dengan memberikan pupuk organik pada tanaman Anda.


Manfaat pupuk organik bagi tanah ini membantu tanaman agar mampu menyerap air dengan lebih mudah. Hal itu dikarenakan pupuk organik memiliki kemampuan untuk memperbaiki drainase serta pori-pori yang ada pada tanah.


3. Menghemat Biaya Produksi

Sudah sangat jelas bahwa penggunaan pupuk organik pada tanaman akan mengurangi biaya pemeliharaan. Sebagian besar pupuk organik terbuat dari kotoran ternak, misalnya dari kotoran sapi. Nah dengan begitu Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membeli pupuk. Kalaupun harus membelinya, harganya tidak setinggi harga pupuk kimia.


4. Ramah Lingkungan

Pentingnya menggunakan pupuk organik pada tanaman tidak hanya bermanfaat bagi tumbuhan saja, akan tetapi lingkungan sekitar pun ikut terjaga. Karena tidak mengandung bahan kimia yang berpotensi dapat merusak tanah, maka sudah jelas bahwa pupuk organik ini tidak menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan khususnya pada tanah.


Menggunakan pupuk organik dalam bercocok tanam secara terus menerus akan membantu menyuburkan tanah, membuat lingkungan tetap terjaga dan tentunya menjaga kesehatan umat manusia.


Dulunya pupuk organik menjadi pupuk andalan para petani, tapi karena kemajuan sektor pertanian semakin maju banyak petani yang akhirnya beralih ke pupuk kimia. Padahal sudah jelas pupuk organik lebih menguntungkan. Oleh karena itu pemahaman tentang pentingnya menggunakan pupuk organik pada tanaman harus ditanamkan kembali.

Comentarios


bottom of page